Kamis, 26 Agustus 2010

Most Recommended Novels menurut Glandy

HAAAIII !! Long time no see...hehehe. Skrg aku udah mahasiswa lho =). Aku nglanjutin kuliahku di UK. Petra jurusan Ilmu Komunikasi. I hope my study will be better than before =).

Sekarang, aku mau bagi-bagi info tentang novel-novel yang aku anggap bagus dan cocok dibaca..

Aku mulai suka baca novel sejak kelas 2 SMP. Novel yg pertama aku baca judulnya "Fairish". Ceritanya emang bagus (walau agk2 non-sense gitu). Dari situ aku mulai kecanduan baca novel2 macam Dealova, Kana di Negeri Kiwi, Princess in Me, dll. tapi lama-kelamaan aku eneg juga disuguhi cerita2 anak SMA yg (menurutku) terlalu ringan. So, seiring bertambahnya usiaku, novel-novel yg aku baca juga mulai "dewasa". Maksudnya novel-novel yg aku baca tuh ceritanya udh bukan cerita tentang anak2 SMA kecantol cinta, tapi lebih kepada kisah seseorang menghadapi persoalan hidup yg lebih kompleks. Dari sekian BUAAAANNNYYAAKK novel yg aku baca, aku nemuin beberapa novel yg cocok bgt utk dibaca krn punya cerita yg asyik dan value yg bagus. Here they are :

1. Jejak Kupu-Kupu by Agnes Jessica:
Tentang Alisa, gadis kaya nan manja yg secara mendadak ditinggal mati orangtuanya dan harus hidup di panti asuhan bersama anak2 yatim piatu dan pemilik panti asuhan bernama Danu. Selama tinggal di panti asuhan itu, Alisa bermetamorfosis menjadi seorang gadis yg dewasa dan bijaksana. Namun perubahan terbesar adalah perasaannya terhadap Danu. Semula ia membenci pria itu, lalu menganggapnya sbg kakak, dan pada puncaknya jatuh cinta padanya.
Value : Kadangkala, suatu kejadian pahit bisa mengubah kita menjadi pribadi yang lebih baik.

2.CEWEK !!! by Esti Kinasih :
Tentang 3 orang mahasiswi (Langen,Fany, dan Feby) yg punya cowok yg hobi bgt naek gunung. Mereka jadi bete ketika sadar bahwa cowok2 mereka lebih cinta ama hiking ketimbang ama mereka. Mereka gak pengin ngajak cewek2 itu naek gunung krn dianggap lemah. So Langen dkk berencana bwt nunjukin kalo mrk BUKAN cewek lemah.
Value : Jangan pernah ngremehin orang dgn menilai penampilan atau hal-hal yg tampak dari luar !

3.Maharani by Agnes Jessica :
Rani, seorang putri jendral Belanda yg hidup di saat Jepang berkuasa di bumi Indonesia. Ia sempat menjadi Jughun Ianfu. Saat Jepang kalah, ia memulai kehidupan barunya sbg penjual kue dan berusaha menutupi masa lalunya yg kelam. Namun, suatu saat, Mutiara (saudara tiri Rani) tahu bahwa Rani adalah mantan Jughun Ianfu. Maka, Rani pun dimusuhi dan dipandang hina. Namun, ia memiliki satu orang yg tetap mecintainya, yaitu Arik, saudara angkatnya, yg kemudian akan menjdai suaminya.
Value : Mengungkit kesalahan seseorang di masa lalu adalah perbuatan yg TIDAK TERPUJI !!! Setiap orang pasti pernah salah. Dan sbg manusia yg baik, kita harus membri mereka kesempatan utk berubah.

4.Tiga Venus by Clara Ng :
Juli, Lis, dan Emily tiga wanita dgn kehidupan yg berbeda2. Ibu rumah tangga,guru, dan wanita karir. Mereka mengeluhkan kehidupan mereka yg penuh liku2. Pada suatu hari, jiwa mereka tertukar. Dan mereka menyadari bahwa hidup mereka masing2 mempunyai sisi positif setelah beberapa lama "tinggal" dalam raga orang lain.
Value : Kita memang perlu utk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain agar pandangan kita mengenai hidup bisa lebih luas.

5.I Love My Boss by Alberthiene Endah
Karina, sekretaris salah satu perusahaan di ibu kota. Ia ternyata menyukai bos-nya ,Rene. Masalahnya, hubungan antara Karina dan Rene mulai tercium Mariska, istri Rene. Karina mulai kewalahan menghadapi inspeksi Mariska, tapi juga menikmati kebersamaan bersama Rene. Namun Karina sadar bahwa merebut suami orang MEMANG TINDAKAN YG TIDAK TERPUJI !!!!!
Value : Ada saatnya kita harus seperti Karina.... Korbankan emosi demi sebuah kebenaran.

6.Dil3ma by Mia Arsjad:
Lura, Nania, dan Mala memiliki problem yg berbeda2 dalam hubungan cinta. Mereka bertiga mengalami dilema dgn problem2 tersebut. Mereka ingin kembali ke jalan yg benar dalam menjalani cinta, tapi sebagian dr diri mereka blm siap dgn perubahan karena ketakutan yg sbenarnya tidak perlu ada. Namun, seiring dgn berjalannya waktu dan serangkaian peristiwa, mereka mampu mengintrospeksi diri dan menjalin cinta dgn benar.
Value : Bagaimana cara kita dalam menghadapi suatu persoalan ?? Apakah kita sudah2 benar2 sreg dgn cara seperti itu ? Kalau belum, introspeksilah diri kita, dan cari solusi yg lebih baik. Tak usah sungkan bertanya pada teman atau keluarga.

7.Lunch Gossip by Tria Barmawi :
Lima orang office ladies menjalin persahabatan. Tiba2 satu persatu mengalami kejadian burk. Mereka mencurigai bahwa Kasih Kinanti (wanita paling jutek di kantor) sbg biang keladi. Tapi..ooww...ternyata pelakunya adalah salah satu dari mereka berlima....
Value : JANGAN terlalu cepat menilai dan men-judge seseorang. Di luar mgkin BUAek...tapi di dalamnya bisa aja BUSSSUK. Atau di luar mgkin KASSSAAR..tapi bisa aja di dalamnya bisa aja Baek. So..hati-hati aja kalo pilih teman ^^

8.Four Seasons in Belgium by Fanny Hartanti :
Andin, seorang wanita karir yg cantik, cerdas, dan sukses, dipanggil utk bekerja di Belgia. Karirnya yg apik tiba tiba terancam ketika ia mendapati dirinya hamil. Ia kebingungan. Haruskah ia melakukan aborsi agar karirnya bisa lancar ? Atau ia akan melindungi bayi yg merupakan buah cintanya ? Ternyata pilihan yang diambilnya bisa ia jalankan dgn konsisten dan fearless....
Value : Yg sulit sebetulnya bukan memilih antara banyak pilihan. Namun, yg sulit adalah mencari cara terbaik utk bisa menjalani pilihan kita ambil dgn baik pula.

9.Selebriti by Alberthiene Endah :
Icha, gadis Cirebon yg punya mimpi jadi manajer artis gara2 kepincut tayangan infotainment yg menampilkan gemerlapnya dunia selebriti. Ia pun pergi ke Jakarta ditemani Deden, temannya. Di Jakarta, tidak tanggung2, 3 orang artis beken menunjuk Icha sbg asisten/ manajer mereka. Namun,3 artis itu ternyata punya masalah sendiri2 yg membuat Icha jd stress dan frustasi berat dalam menghadapi mereka.
Value : Kalau punya mimpi, kta harus tetap mengejarnya. Lihat aja Icha. Ia tetap gigih dan teguh pada cita2nya smp akhirnya ia berhasil menjadi manajer artis ibu kota. Dan di akhir novel ini, kita akan tahu bahwa tidak selamanya sesuatu yg kita pandang sempurna tidak memiliki sisi kelabu....

10.Topsy-Turvy Lady by Tria Barmawi :
Gladys adalah anak orang kaya yg terpaksa harus hengkang dari "istana" nya krn bela2in kabur brg cowoknya. Namun, ia ditipu dan ditinggal cowoknya dgn menanggung sekian banyak utang hasil belanja dan pengeluaran cowoknya. Alhasil, Gladys harus menahan gengsinya utk bekerja cari uang dan meminta maaf kepada keluarganya. Glayds akhirnya bisa kembali ke rumah. Namun, saat ia memutuskan utk mengadopsi Ryan, sifat borosnya muncul lagi dgn alasan utk memenuhi kebutuhan Ryan...Pokoknya, serba topsy-turvy A.K.A kacau balau deh !!
Value : Sekalipun kaya, jgn sampe deh kita boros2. Ingat, jaman sekarang, cari uang udah makin sulit ^^.

11.Dunia Aradia by Primadona Angela
Aradia Morgana adalah seorang ratu penyihir. Ia mengalami kebingungan. Aradia ingin sekali hidup layaknya manusia normal di dunia manusia, tapi ia sendiripun ingin melindungi rakyatnya di negeri penyihir. Aradia jg harus berhadapan dgn Shadowlord, musuh bebuyutan para penyihir. Yang bikin aku kagum sama Aradia adalah kebijaksanaan dan sifatnya yg care. Aradia mampu menghadapi segala persoalan dgn keseimbangan antara hati dan otak. Salut utk Aradia !!
Value : Bersikaplah seperti Aradia ! Kebijaksanaan dan kebaikan hatinya bisa jadi panutan kita semua, terutama para pemimpin...^^.

Itu adalah 11 novel yg aku anggap ceritanya bagus dan memiliki nilai. Msh banyak lagi kok novel2 bagus dan bernilai kyk tetralogi Laskar Pelangi, Karya2 Nh. Dini,dsb. Kalo kalian ada waktu coba deh baca novel2 di yg aku recommend-in...Emang sih ceritanya"feminin". Tapi, kita kan bisa ambil sisi positifnya aja. Bye2 ^^.


Surabaya, 26 Agustus 2010, 16:16 WIB,
Yang suka bgt baca novel,

Glandy Burnama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar